Senin, 07 April 2014

Tiongkok Anggarkan Rp 190 Triliun untuk Program Rumah Murah


http://images.detik.com/content/2014/04/06/1016/161749_chinarumah.jpghunian di Shanghai/detikFinance
Jakarta -Pemerintah Tiongkok menganggarkan dana ratusan triliun rupiah untuk program rumah atau hunian yang terjangkau bagi rakyatnya. Tahun ini pemerintah menyiapkan 115,8 miliar yuan atau US$ 18,6 miliar sekitar Rp 190 triliun.

Demikian laporan 21st Century Business Heraldseperti dikutip China daily,Minggu (6/4/2014)

Anggaran khusus ini juga termasuk untuk subsidi program rumah berbiaya sewa murah dan renovasi hunian di kawasan-kawasan kota kecil di Tiongkok.

"Angka ini mengalami peningkatan 14,3% dari anggaran tahun lalu," jelas laporan tersebut.

Program rumah subsidi di Tiongkok menjadi agenda utama pemerintah beberapa tahun terakhir sebagai dampak melonjaknya harga rumah di banyak kota di Tiongkok.

Berdasarkan laporan kerja pemerintah Tiongkok yang dikeluarkan awal tahun ini, pemerintah Negeri Tirai Bambu tersebut berjanji meningkatkan pasokan rumah yang terjangkau dan targetnya bisa mencapai 7 juta unit terbangun, termasuk untuk 4,7 juta rakyat Tiongkok yang tinggal di hunian-hunian skala kecil.

Bandingkan dengan anggaran perumahan subsidi di Indonesia. Tahun ini, jumlah anggaran untuk Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) baru sekitar Rp 4,6 triliun. Di Indonesia juga ada program sumah susun sederhana sewa (Rusunawa) yang tarif sewanya murah, dalam jumlah terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar